Friday, November 11, 2016

Yamaha Aerox 155 VS Honda Vario 150



Hello bikers, Yamaha secara resmi merilis skutik terbaru mereka pada gelaran IMS Indonesia Motorcycle Show kemarin. Yamaha Aerox 155, skutik berdesain gambot dengan fitur seabrek, mesin 155 cc VVA ( Variable Valve Actuation ) dan isu harga kisaran 20 jutaan untuk versi terendahnya...Maka sudah jelas Yamaha akan menggempur pasar Honda Vario 150 yang di jual 21 jtaan OTR jakarta. Desain memang masalah selera mas bro.. tetapi fitur yang di sandang keduanya nggak bisa bohong, Saya akan coba menyandingkan fitur keduanya, meskipun tidak menyeluruh tapi bisa dijadikan gambaran mas bro...
* catatan Aerox versi standart


Lampu depan sama-sama di bekali LED, namun untuk lampu sein keduanya masih menggunakan bohlam biasa.

Bagaian Stoplamp Aerox lebih unggul karena sudah di bekali LED, sedangkan rivalnya Vario masih bohlam biasa. Utuk lampu sein belakang.. Yamaha Aerox sepertinya comon part dengan Yamaha Vixion. tidak buruk tapi saya lebih suka milik Vario mas bro...

Di sektor Spedometer Sepertinya Aerox menang telak, Biker akan di manjakan dengan layar full LCD dengan ukuran 5.8 inch, komplit jga ada odometer, trip meter, jam digital, Indikator RPM, Battery Indicator, Average Fuel Consumption dll. Sedangkan Vario masih Perpaduan antara digital dan Analog.

Untuk sektor kaki-kaki keduanya di bekali ban tublles ring 17, namun ukuran ban aerox lebih gambot dengan ukuran depan 110/80, belakang 140/80. Di sektor pengereman keduanya seimbang...depan disc brake belakang masih model drum/tromol.

Bagian ruang penyimpanan, Aerox 155 memiliki kapasitas ruang bagasi 25 liter, yang di klaim muat 1 helm sekaligus tanpa mencari posisi yang pas, kesimpulanya langsung cemplung mas bro... sedangkan rivalnya Vario 150 memiliki ruang bagasi 18 liter. Untuk kapasitas tangki bahan bakar, kali ini Vario lebih unggul dengan 5.5 liter sedangkan Aerox hanya 4.5 liter.

Di Sektor mesin keduanya mengusung teknologi dan kapasitas mesin yang berbeda, Aerox dengan 155 CC VVA dan Vario dengan mesin 150 CC ESP. Keduanya juga memiliki suara starter yang halus dengan ACG starter untuk Vario dan SMG untuk Aerox 155. Sayangnya untuk tipe standart Aerox belum delengkapi teknologi Stop Start System (SSS) meskipun fitur ini jarang sekali di gunakan.

Gimana mas bro.. secara keseluruhan sepertinya Yamaha Aerox lebih unggul ya..di sisi fitur. Akankah Honda tidak tinggal diam dengan mem'facelift Vario 150 dengan fitur yang lebih mumpuni? Kita tunggu saja mas bro... Semoga Berguna.



2 comments: